CATATAN PERKULIAHAN SEMINAR BAHASA DAN SASTRA MINGGU KEEMPAT

    

Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Cerita Rakyat Malin Kundang dan Pengaruh Pembelajaran di Luar Kelas Terhadap Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa SMP

oleh:

Ema Afriyani


Rabuu, 27 September 2023.


        Perkuliahan Seminar Bahasa dan Sastra pada hari ini sangat menarik untuk diikuti. Pasalnya materi hari ini berkaitan dengan pembelajaran sastra dan kebudayaan dalam sastra. Kedua pembahasan tersebut merupakan hal yang saya sukai.
        
        Materi pembelajaran sastra yang disampaikan pemateri ditujukan bagi siswa SMP. Pembelajaran pertama berkenaan dengan manfaat yang terkandung dalam nilai-nilai yang ada dicerita rakyat Malin Kundang yang memiliki pengaruh bagi siswa SMP. Ada beberapa pembelajaran dalam cerita rakyat tersebut yang dapat dijadikan pedoman siswa SMP agar dapat belajar dari yang sudah dilakukan Malin Kundang.

            Pemateri kedua yang membahas tentang pembelajaran SMP, menyampaikan tentang pengaruh dari metode pembelajaran di luar kelas terhadap peningkatan keterampilan menulis puisi bagi siswa SMP. Metode tersebut direkomendasikan untuk dipraktikkan oleh guru ketika mengajar materi puisi. Mengapa demikian? Agar peserta didik tidak jenuh dengan suasana ruang kelas yang terbatas. Ketika menulis puisi, tentunya para siswa memerlukan ruang gerak yang bebas dan luas agar ide-ide terjangkau lebih banyak. Oleh karena itu, metode pembelajaran di luar kelas sangat efektif dilakukan dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi bagi siswa SMP.
            Danarti (2014: 103) berpendapat bahwa pembelajaran di luar kelas merupakan usaha atau upaya dalam pengarahan siswa untuk melakukan aktivitas yang dapat membawa mereka mengamati lingkungan sekitar sesuai dengan materi yang diajarkan. Model pembelajaran di laur kelas sering juga disebut outdoor learning. Model pembelajaran ini merupakan suatu model pembelajaran yang berorientasi pada alam sekitar dengan tujuan untuk mengatasi kebosanan dan kejenuhan dalam belajar. Penerapan model pembelajaran ini dalam menulis puisi bagi peserta didik agar peserta didik dapat mengambil inspirasi dari alam sekitar.
        Menurut Husamah (2013: 21), model outdoor learning adalah suatu model pembelajaran yang menggunakan setting alam terbuka sebagai sarana, di mana setiap orang akan dapat merasakan, melihat langsung bahkan dapat melakukannya sendiri, sehingga transfer pengetahuan berdasarkan pengalaman di alam dapat dirasakan, diterjemahkan, dikembangkan berdasarkan kemampuan yang dimiliki.
        Model pembelajaran outdoor learning merupakan suatu model pembelajaran yang berorientasi pada alam sekitar dengan tujuan untuk mengatasi kebosanan dan kejenuhan dalam belajar. Penerapan model pembelajaran ini dalam menulis puisi bagi peserta didik agar peserta didik dapat mengambil inspirasi dari alam sekitar. Menurut Husamah (2013: 21), model outdoor learning adalah suatu model pembelajaran yang menggunakan setting alam terbuka sebagai sarana, di mana setiap orang akan dapat merasakan, melihat langsung bahkan dapat melakukannya sendiri, sehingga transfer pengetahuan berdasarkan pengalaman di alam dapat dirasakan, diterjemahkan, dikembangkan berdasarkan kemampuan yang dimiliki.

Posting Komentar